Minggu, 22 Mei 2011

PENJELASAN TENTANG MODADRUMADVIPA DAN RAMA-LILA

Segala pujian kepada Gaurahari, yang telah mewujudkan DiriNya sebagai Panca-tattva! Segala pujian kepada Navadvipa-dhama, tempat tinggal tertinggi !

Tiba di desa Mamagachi, Nityananda menjelaskan kepada Jiva Goswami, “Di sini, di Modadrumadvipa adalah Ayodhya. Di kalpa sebelumnya, ketika Rama dibuang ke hutan, Dia datang ke tempat ini bersama Laksmana dan Janaki. Dia membangun sebuah pondok di bawah sebatang pohon beringin yang sangat besar di sini dan hidup bahagia untuk beberapa waktu. Melihat kilauan Navadvipa, putra Raghu menjadi sedikit tersenyum.

“Begitu menariknya bentuk itu, hijau seperti rumput yang baru tumbuh, dengan mata padma dan busur yang penuh karunia di tangan! mengenakan pakaian seorang brahmacari dan kepala-Nya ditumpuk dengan rambut yang diikat, Dia mencuri pikiran semua makhluk hidup. Melihat Rama tersenyum, Sita, putri Janaka, Bertanya padaNya tentang sebab senyumNya itu.

“Dengarkan, Sita, ada satu cerita yang sangat rahasia. ketika jaman kali yang mulia muncul, Aku akan memperlihatkan bentuk warna badan keemasan di sini di Navadvipa. Aku akan terlahir di dalam kandungan ibu Saci di rumah Jagannatha Misra. Aku akan memberikan semua roh-roh beruntung yang menyaksikan kegiatan masa kecil-Ku pemberi prema tertinggi. Pada saat itu, Aku akan menikmati kegiatan pendidikan yang tercinta dan mengungkapkan keagungan nama suci. Kemudian Aku akan mengambil Sannyasa dan pergi ke Puri, dan ibu-Ku Sendiri akan menangis bersama istri-Ku di tangannya.

Mendengar ini, Sita bertanya, ‘O Yang bermata-padma, mengapa Kau akan membuat ibu-Mu menangis? Mengapa Kau meninggalkan istri-Mu dan mengambil sannyasa? Apa kebahagiaan yang ada di sana dengan memberi kesedihan kepada istri-Mu?’

 “Sri Rama menjawab,’O yang terkasih, kau mengetahui segalanya. Tetapi kau berpura-pura tidak tahu hanya untuk mengajari para makhluk hidup. Dengarkan Sita, para penyembah-Ku menikmati prema-bhakti dalam dua cara. Dalam persatuan dengan-Ku mereka menikmati sambhoga, dan di dalam perpisahan dengan-Ku mereka menikmati vipralambha. Rekan-rekan kekal-Ku menginginkan sambhoga, tetapi Aku dengan penuh karunia memberi mereka vipralambha. Para penyembah mengetahui bahwa penderitaan yang disebabkan oleh perpisahan dari-Ku sebenarnya merupakan kebahagiaan yang paling tinggi. Setelah perpisahan, ketika persatuan terjadi, mereka merasakan kebahagiaan yang begitu besar berjuta-juta kali lipat dari sebelumnya. Itulah penjelasan bagaimana akan ada kebahagiaan di dalam perpisahan. Kau harus menerima mood ini yang dijelaskan di dalam empat Veda.

“’Jadi siapa yang dikenal sebagai Aditi di dalam Veda sekarang adalah ibu Kausalya dan akan menjadi ibu Saci di Gauranga lila. Dan kau, akan melayani-Ku sebagai Visnupriya. Dalam perpisahan, kau akan memuja Arca-Ku dan menyebarkan keagungan-Ku. Terpisah darimu, Aku akan memuja arca Sita keemasan di Ayodhya. Tetapi topik ini sangatlah rahasia, Sita. Jangan mengungkapkannya kepada orang-orang sekarang.
“’Navadvipa ini adalah tempat kesayangan-Ku, bahkan Ayodhya tidak setara dengannya. Ketika Kali-yuga datang, pohon beringin yang sangat besar ini, Rama-vata, akan menghilang dari penglihatan dan tetap di sini dalam bentuknya yang tak terlihat.'

“ Dengan cara ini, Rama melewati waktunya di sini bersama Laksmana dan Sita. Kemudian, Dia pergi ke Dandakaranya untuk melengkapi kegiatannya. Lihatlah di sini adalah tempat dimana pondoknya berdiri.
“ Atas keinginan Tuhan, rekan Rama Guhaka terlahir di sini di dalam keluarga brahmana. Namanya adalah Sadananda Vipra Bhattacarya. Dia tidak tahu apa-apa di ketiga dunia ini  kecuali Rama. Dia hadir di rumah Jagannatha Misra ketika Gauranga lahir. Pada waktu itu semua dewa datang untuk melihat anak ini. Sadananda yang agung menyadari akan kehadiran para dewa bahwa Tuhannya telah lahir. Dalam kebahagiaan yang sangat besar dia kembali ke rumahnya, dan , ketika bermeditasi pada Tuhan pujaannya Ramachandra, dia melihat Gaurasundara.

“Tuhan Gauranga sedang duduk di atas tahta dan dikelilingi oleh para dewa, dipimpin oleh dewa Brahma, yang mengipasi camara. Kemudian Sadananda melihat Ramachandra, hijau bagai rumput. Di sisi kanan Rama adalah Laksmana, kediaman Ananta. Di sisi kiriNya adalah Sita, dan di depanNya adalah Hanuman. Melihat ini, sang vipra mengerti kebenaran tentang Tuhan.
Sang vipra pergi ke Mayapur dalam kebahagiaan yang sangat besar, dan tanpa terlihat oleh siapapun, dia menyenangkan matanya pada wujud Gauranga. ‘Terkarunialah aku, memang terkarunia! Ramachandra hadir di hadapanku sebagai Gauranga!’ Kemudian, ketika gerakan sankirtana dimulai, Sadananda mengambil bagian dalam menari dan mengucapkan nama Gaura.

“O Jiva, di sini para penyembah murni melihat hutan Bhandira. “
Mendengar topik ini dan melihat tempat itu dalam dhama kekalnya, para penyembah mengelilingi Nityananda dan menari. Tubuh Jiva menunjukan ciri-ciri kebahagiaan begitu ia meneriakkan nama Gauranga.

Di hari itu Nityananda tinggal di rumah Narayani. Dan Narayani, ibu suci dari Vedavyasa (Vrndavana Dasa Thakura), melayani para Vaisnava. Di pagi selanjutnya, setelah berjalan beberapa jauh, mereka memasuki Vaikunthapura.

Untuk membawa perintah Jahnava dan Nitai, orang malang yang tidak berharga ini menyanyikan keagungan Nadia.

Sumber : Navadvipa-dhama-mahatmya  Parikrama-khanda Chapter Fourteen By Bhaktivinoda Thakura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar