Kamis, 26 Mei 2011

nice class

oleh Srila Bhaktisvarupa Damodara Svami Sripada Maharaja
Bedugul, Bali, Indonesia, 28 Des 2005, sore
Hare Krsna, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kedatangan anda semua dari berbagai planet yang hebat…
DSCN1089Bhaktivinoda Thakura mengatakan bahwa hampir semua masyarakat sedang dalam keadaan tertidur, oleh karena itu sangatlah baik bagi kita karena kita diberikan pengertian bagaimana seharusnya terbangun dari tidur ini. Jadi atas karunia Prabhupada kita diberikan pengertian bahwa seharusnya kita terbangun dari tidur yang dalam ini. Bangun berarti…apa yang terjadi ketika kita bangun? Seperti halnya matahari terbit di pagi hari…dan kita bisa melihat sebuah kehidupan yang indah disekeliling dan kita juga bisa mengingat burung-burung dan banyak hal yang indah lainnya terjadi ketika kita bangun pagi.
DSC_0152
Jadi pengertian bagaimana kita terbangun dari tidur yang dalam…tidur yang dalam berarti seseorang sepenuhnya dalam sifat kebodohan, kegelapan, tamoguna. Ketika tamoguna mempengaruhi seseorang maka kita akan berada dalam kondisi tertidur pulas. Tetapi hanya dengan kembali ke Vaikuntha, dengan meninggalkan badan material ini, dan kita pergi ke Vaikuntha…di planet Vaikuntha seluruh entitas hidup tidak pernah tertidur. Jadi suasana disana selalu pagi…seperti pagi hari. Ketika saya datang ke Bali, di pagi hari saya selalu mendengar nyanyian merdu yang dilantunkan seekor burung kecil yang selalu datang mendekati saya dan menyanyikan lagu yang mengingatkan saya akan planet Vaikuntha.
beatifulBIRD
Suatu hari, beberapa hari yang lalu ketika kami bekerja semalaman…kami baru selesai setelah lewat jam empat pagi, dan ketika keluar dari pintu saya kembali melihat burung tersebut datang dan menyanyikan lagu yang indah, ia menyanyikan: “Swamiji”…dalam bahasa burung tetapi lagu itu dalam bahasa Inggeris berarti, “Krsna adalah Personalitas Tuhan Yang Maha Esa”.
Saya mendengar lagu yang sama, irama yang sama kira-kira 10 tahun yang lalu ketika saya menjalani operasi kecil untuk mengeluarkan batu. Dan saya tinggal beberapa hari di Bombay. Di Bombay, didekat kamar saya ada sebatang pohon kelapa, Bombay juga seperti Bali. Dan di atas pohon kelapa itu, burung kecil itu datang setiap hari, setiap hari  pagi-pagi sekali saya mendengar nyanyian yang sama, “Swamiji…Krsna adalah Personalitas Tuhan Yang  Maha Esa”, jadi lagu yang sama yang saya dengar di Bali, Oh.. itu adalah pesan…pesan, burung yang berasal dari planet Vaikuntha. Oleh karena itu Kesadaran Krsna ini merupakan kebudayaan Vaikuntha, masyarakat di Vaikunthaloka.
vaikunthaplanets
Planet-planet Vaikuntha
Ini adalah sebuah lagu yang indah…saya akan menyanyikan sebuah lagu. Lagu ini berjudul arunodaya kirtana, nyanyian yang dinyanyikan dalam suasana ketika matahari datang…terbit…matahari terbit. Artinya sangat indah…

“Ketika matahari terbit mewarnai horizon di ufuk tinur, Tuhan Gaurasundara, permata di kalangan kaum Brahmana terbangun. Dikelilingi oleh para penyembahnya, beliau berjalan melalui jalan-jalan di kota Nadia. Mrdanga menciptakan suara..tathai..tathai…(tathai adalah salah satu istilah dalam bahasa Mrdanga)…dan kartal dimainkan mengiringi irama tersebut dengan teratur. Anggota badan Sri Gauranga bergetar dalam kebahagian cinta kasih rohani, dan gelang kakiNya menimbulkan suara gemerincing.

Kemudian Sri Gaurangga Mahaprabhu menjelaskan kepada para pengikutNya, nyanyikanlah hanya nama Krsna, Mukunda, Yadava dan Hari. Malammu telah dilewatkan dalam tidur yang sia-sia dan har- harimu telah disia-siakan dengan hanya menghias badanmu. Kemudian Beliau mengatakan, setelah menerima kehidupan manusia yang sangat sulit untuk dicapai, kenapa engkau tetap tidak menyadari besarnya karunia ini? Jika engkau tidak memuja putra Ibu Yasoda sekarang, maka engkau akan menyesal saat kematian tiba.

Krishna Putra Ibu yasoda
Krishna Putra Ibu yasoda


Ketika matahari terbenam engkau menjadi cemas karena satu hari telah hilang, kenapa engkau tetap malas dan tidak mengabdi kepada Tuhan yang bersemayam dalam hatimu. Hal yang terpenting yang harus diketahui adalah bahwa hidup sangat sementara dan penuh dengan bahaya. Karenanya berlindunglah kepada nama suci dengan sunguh-sungguh sambil tetap melakukan segala kewajibanmu.

Kemudian Beliau berkata, karena ingin memberikan kemujuran kepada setiap jiwa, nama suci telah turun ke dunia material ini untuk menghilangkan kegelapan dan kebodohan serta untuk memberikan penerangan di langit  hati. Dan Bhaktivinoda berkata, mohon berikan Bhaktivinoda kehidupan dengan meminum nektar yang murni dari nama suci. Tiada sesuatupun di keempat belas dunia yang lebih berharga dari nama suci”.
Sri sri Radha Rasesvara
Sri sri Radha Rasesvara
Kemudian Guru Maharaja bernyanyi…TEXT ARUNODAYA KIRTANA

Setelah bernynyi Beliau melanjutkan:
Hare Krsna…
Entah bagaimana matahari telah datang, di sebelah kanan kita terdapat danau dan pohon-pohon juga ikut menikmati. Vaikuntha adalah seperti ini…sangat damai, Vaikuntha berarti damai…Vaikuntha berarti tempat dimana tidak ada kecemasan dan tidak ada kekhawatiran. Jadi Kesadaran Krsna adalah suatu proses latihan bagaimana memasuki dunia Vaikuntha.
Jadi ini adalah kebudayaan yang tertinggi, kebudayaan yang paling penting. Oleh karena itu kita harus belajar bagaimana supaya bisa tetap mantap, mantap artinya dhira, dhira berarti sangat berbahagia baik dalam diri sendiri maupun bersama orang lain…jadi kebudayaan untuk bisa menjadi dhira, stabil, sangat seimbang…kehidupan yang seimbang dan selalu mengikuti karunia otoritas yang lebih tinggi adalah esensi Kesadaran Krsna.
Saya sangat senang untuk bisa bertemu para penyembah dari Singaraja…bisakah anda angkat tangan? Saya berterima kasih atas kedatangannya…dengan ketulusan doa kalian maka hari ini sangat indah dan tidak ada hujan saat ini. Kemarin kita mengadakan program di Klungkung dan hujan turun dengan lebatnya. Jadi kita memperoleh karunia khusus pada hari ini…karena utusan otoritas yang spesial dari Vaikuntha, sehingga Tuhan memberkati kita semua. Sangat indah….
Saya akan meninggalkan Bali lusa pada pagi hari. Kunjungan ini adalah kunjungan yang tidak direncanakan sebelumnya. Oleh karena ada pesan datang dan saya harus segera datang kesini untuk mengerjakan beberapa tugas, sebuah tugas penting. Saya pergi begitu saja bahkan meninggalkan barang-barang bawaan saya di Calcutta dan hanya membawa dhoti saja. Dan tugas ini adalah untuk mengerjakan sesuatu, untuk mengorganisir sebuah program…sebuah program pengajaran yang sangat penting di Bali. Ini masih memerlukan dua hari lagi untuk menyelesaikannya. Dan beberapa penyembah kita bekerja keras sampai-sampai tidak tidur dalam 3 atau 4 hari ini dan hanya meminum segelas air saja dalam sehari. Mereka bekerja dengan sangat keras, tetapi semuanya dikerjakan dan diselesaikan dengan baik. Banyak diantara kalian juga ikut berkontribusi karena kontribusi ini sangat diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Saya mengucapkan terima kasih atas semua itu. Jadi tetaplah tinggal dengan baik, saya berencana untuk datang kembali pada musim panas. Musim panas berarti sekitar bulan Juli dan akan tinggal lebih lama untuk membuat beberapa program.
Dan saya juga ingin memberitahukan bahwa tahun ini mulai bulan April, saya akan berkeliling dengan kelompok kesenian dari Manipur. Saya membawa lebih dari 20 seniman ke seluruh Amerika Serikat, seperti pemain kendang, juga seni bela diri. Siapapun yang tidak suka saya juga membawa kelompok seni bela diri…jadi disinilah fungsi bela diri yang benar…(tertawa)…saya akan melakukannya selama sekitar tiga bulan sampai Mei-Juni, Juli saya akan datang ke sini. Dan kita juga berencana untuk mengundang banyak seniman dari seluruh dunia dalam rangka festival pembukaan di Manipur bulan Oktober 2007.
Jadi saya sarankan kalian membeli sebuah boat. Kalian bisa berlayar dari sini menuju pelabuha Calcutta, Calcutta cukup dekat…hanya memerlukan sekitar 25 hari dengan kapal (tertawa). Dan saat kalian tiba di Calcuta katakanlah bahwa kalian berasal dari Manipur, Manipuri. Sehingga tidak diperlukan Visa. Mereka akan sangat senang, lalu katakan bahwa kalian baru saja datang dari Bombay dalam rangka piknik spesial dan sekarang tiba di Calcutta. Dengan demikian mohon ini direncanakan. Jika tidak bisa membeli kapal boat, kalian bisa menggunakan Helikopter…dan disana akan ada festival yang sangat meriah…sangat besar.
Keempat penyembah dari Bali yang sudah berada di Manipur sedang berusaha menyelesaikan pekerjaannya, bahkan mereka mengatakan tidak akan meninggalkan Manipur sebelum Kuil selesai. Dengan persiapan ini, silahkan direncanakan dari sekarang. Sekarang juga ada penerbangan murah…seperti Jet Star, Asia Air…seperti Dhira Kesava yang baru-baru ini ke Vrndavan menggunakan penerbangan ini. Ada juga Malaysia Airline…sangat murah. Banyak cara untuk pergi kesana. Jadi tolong rencanakan dengan baik. Saat itu disana akan sangat dingin, Manipur seperti  suasana disini…seperti dinginnya disini. Jadi undangan ini mohon kalian ingat dengan baik dan mulai sekarang simpanlah satu rupiah setiap hari…(tertawa)…dengan cara itu tidak akan ada banyak masalah.
Saya sangat senang bisa datang dan bertemu semuanya selama beberapa hari. Di Vrndavan beberapa hari yang lalu para penyembah hadir bersama-sama dan mengadakan program yang bagus sekali. Banyak penyembah yang mengatakan bahwa mereka ingin kembali datang ke Bali. Juga ada kelompk-kelompok lainnya yang mengatakan, “Maharaja kami ingin pergi ke Bali, URI juga mengatakan, “Maharaja mohon susun acara sehingga kami semua bisa datang ke Bali” dan kelompok ilmuwan dari seluruh dunia juga menelpon saya, mnereka mengatakan; “Dr. Singh anda susunlah program di Bali, kami akan datang ke sana”. Bali sangatlah…saya selalu mengatakan kepada setiap orang, anda datanglah ke Bali dan anda akan mendapatklan kedamaian.
Jadi banyak program yang bisa dibuat dan program yang sedang kita selesaikan sekarang adalah bertujuan untuk memfasilitasi itu…kita bisa melakukan banyak program yang bagus. Oleh karena kalian memiliki sangat banyak penyembah muda yang antusias, kami ingin menyibukkan anda semua dengan benar sehingga kalian selalu sibuk. Dan juga kita akan memulai sekolah yang bagus untuk anak-anak. Saya melihat sangat banyak ada anak-anak…tetapi sekolah ini akan merupakan sekolah menengah berbahasa Inggeris. Jadi tidak semata-mata sekolah tetapi kita akan mengajarkan segala aktivitas Vaikuntha. Itu berarti kebudayaan Veda, aktivitas kebudayaan Veda…disana akan ada seni dan budaya, masyarakat Bali ahli dalam bidang seni. Dan juga musik, pelatihan musik dan filsafat tentang Kesadaran Krsna. Bahkan juga prasadam…prasadam internasional. Kita akan membawa resep-resep dari Vaikuntha, resep Vaikuntha. Dalam resep Vaikuntha ada…kalian tahu… disana ada gulab jamun merah yang sangat…sangat besar dan kita bisa membuat menu yang enak dari beras hitam, gula merah…semua itu adalah bahan-bahan yang ada di Vaikuntha. Oleh karena itu kita merencanakannya…jika kalian memiliki kenalan dari kalangan pemerintahan…kita membutuhkan paling tidak sekitar 50 acre tanah. Sehingga kita akan memiliki kampus dan bisa mengadakan program-program yang bagus dan seluruh ilmuwan dari seluruh dunia akan datang mengikuti program kita. Ini adalah harapan kita bersama dan atas karunia Srila Prabhupada…mohon berdoa sehingga kalian tetap sehat dan kuat, tetap teguh dalam Kesadaran Krsna  mengikuti semua prinsip dan dengan demikian kita bisa berjalan dengan baik dalam Kesadaran Krsna.
Sekarang saya kira saatnya untuk sedikit berjalan-jalan bukan? Membuat beberapa…saya melihat kalau pintu gerbang disana sangat indah. Saya ingin mengambil beberapa gambar sebagai sampel untuk menyelesaikan Kuil kita di Manipur. Karena kita telah cukup duduk, maka sangat baik kalau kita melakukan sedikit olah raga. Di Vaikuntha…seluruh penghuni Vaikuntha juga senang melakukan olah raga rohani….
Jai Srila Prabhupada ki..jai..
Jai Srila Bhaktisvarupa Damodara Svami Maharaja ki…jai..
Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar