Senin, 23 Mei 2011

KRISHNA MENGINGKARI JANJI

Cerita pendek Srila Prabhupada
 
 Setiap kata yang digunakan di dalam kitab suci memiliki makna yang sangat dalam. Arjuna berkata : senayor ubhayor madhye ratham sthapaya me ‘cyuta… Arjuna bisa saja memanggilNya “Krishna”. Tetapi tidak, “Acyuta. Kau selalu menepati janjiMu.” Dan di bagian lainnya lagi, Krishna berkata, kaunteya pratijanihi na me bhaktah pranasyati. [Bg.9.31] . Krishna meminta pada Arjuna “Kau nyatakanlah kepada dunia bahwa penyembahKu tidak akan pernah binasa.” 

Mengapa Krishna meminta Arjuna untuk menyatakannya? Dia dapat menyatakannya. Dia dapat menyatakannya Sendiri, tetapi artinya adalah terkadang demi kepentingan penyembahNya, Krishna dapat mengingkari janjiNya. Demi kepentingan PenyembahNya. Contohnya seperti Bhisma. Bhisma berjanji, “Krishna, saya putuskan sekarang, besok salah satunya apakah temanMu Arjuna akan mati, atau Kau akan mengingkari janjiMu.” Karena Krishna berkata, “Aku tidak akan bertempur.” Tetapi ketika Arjuna hampir hancur oleh panah-panah Bhisma, Arjuna jatuh, keretanya hancur, semuanya hancur. Krishna melihat itu, “Sekarang Arjuna akan mati.” Dengan segera Krishna mengambil roda kereta dan pergi ke hadapan Bhisma “Sekarang kau hentikan; atau Aku akan membunuhMu.”

Jadi inilah pertempuran. Bhisma melihatnya, “Sekarang Krishna telah mengingkari janjiNya. Saya akan berhenti.” Jadi untuk menunjukan janji Bhisma, Bhisma berjanji “Arjuna akan mati, atau Krishna akan mengingkari janjiNya,” ada dua hal, dan Krishna berkata, “Ya, Aku akan mengingkari janji. Jangan membunuh Arjuna.” Untuk itulah, demi kepentingan penyembahNya, Krishna terkadang mengingkari janjiNya.

Tetapi Jika penyembahNya berjanji, “Aku harus melakukannya,” Krishna akan memberikannya segala perlindungan: “Ya, itu harus dilakukan. Di segala keadaan itu harus dilakukan.” Inilah Krishna. Jika penyembahNya berjanji sesuatu, bahwa “Ini harus dilakukan,” Krishna memberikan semua perlindungan. Untuk itu di sini dinyatakan, ajitasrayah. Kau tidak dapat berhasil tanpa menjadi ajitasrayah. Ajita berarti Krishna. Tak ada seorangpun yang dapat menaklukanNya. Ajita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar