Senin, 23 Mei 2011

Dr .Kodok, Ph.D

Cerita pendek Srila Prabhupada

Sekarang kita ingatkan pada perumpamaan Dr. Kodok, Ph.D, seorang sarjana terkenal yang hidup di dalam sumur. Suatu hari teman kodoknya turun untuk melihat sang Doktor dan memberitahukannya bahwa ada suatu tempat yang bernama Samudera Atlantik. Mendengar tentang Samudera ini, Dr Kodok bertanya,
Dr.Kodok    : “Katakan padaku, seberapa besarkah tempat itu dibandingkan dengan sumur ini ? Apakah sama besarnya ataukah dua kali lebih besar ?
Teman    : “Tidak, Sangat jauh lebih besar,”
Dr.Kodok    : “Oh, jauh lebih besar ?, Katakan padaku, apakah itu lima kali lebih besar, sepuluh kali lebih besar ?”
Teman    : “Oh, tidak, itu sangat jauh lebih luas.”
Dr.Kodok    : “Lebih luas ? Bagaimana mungkin ? Mungkin seratus atau seribu lebih besar ? Bagaimana bisa sebesar itu ?”
Dengan cara ini Dr. Kodok terus berspekulasi tentang lebar dari Samudera Atlantik, tetapi ini menjadi jelas bahwa ia tak akan pernah mengerti luasnya karena hal ini benar-benar di luar pengalamannya. Membandingkan sesuatu yang tidak kita ketahui dengan hal yang kita ketahui adalah sesuatu yang alami, tetapi sebuah pemikiran yang sempit bahwa hal yang tidak diketahui dapat disamakan dengan hal yang diketahui.
Jadi dari Bhagavad-gita dan kesusastraan Veda lainnya kita dapat mengerti bahwa di setiap planet dan di setiap atmosphere terdapat makhluk hidup. Semua makhluk hidup ini tidak terbatas jumlahnya, jenis spesies yang beragam saja ada lebih dari 8.000.000. Makhluk yang tidak terbatas ini dipelihara oleh makhluk tunggal, Krishna atau Tuhan. Dinyatakan di dalam Srimad Bhagavatam bahwa ada perbedaan yang umum antara Roh Yang Utama dan roh individu: sang roh memelihara dirinya di dalam tubuhnya sendiri, tetapi Roh Yang Utama memelihara roh-roh di dalam badan-badan yang tidak terbatas di seluruh alam semesta. Sangatlah tidak logis dan bertentangan mengalaminya dengan pernyataan bahwa hidup hanya ada di satu bagian alam semesta saja dan tidak di bagian lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar