Minggu, 22 Mei 2011

ATURAN UMUM BERTAHAN HIDUP


Śrīmad Bhāgavatam 1.13.47

ahastāni sahastānām
apadāni catuṣ-padām
phalgūni tatra mahatāḿ
jīvo jīvasya jīvanam

"Makhluk -makhluk yang tidak bertangan adalah mangsa bagi yang bertangan; yang tidak berkaki adalah mangsa bagi yang berkaki empat. Yang lemah adalah mangsa bagi yang kuat, dan aturan umum untuk bertahan adalah satu makhluk hidup adalah makanan bagi yang lain."

Prabhupada lecture, Mayapura, 20 Juni 1973 :
Jadi, Dengan cara ini, ada sebuah aturan bahwa hidup seseorang dimaksudkan untuk dimakan oleh yang lainnya. Inilah hukum alam, Tetapi kita harus membedakan jenis makanan apa, jenis makhluk hidup apa yang harus kita makan. Meskipun seekor binatang adalah makanan bagi binatang lainnya, mereka menggunakan pembedaan menurut hukum alam. Seekor harimau tidak akan datang ke kebun anda untuk makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Tidak. Menurut hukum alam, harimau memiliki gigi dan cakar untuk membunuh binatang lainnya. Mereka ingin makan,minum darah, darah segar. Alam telah memberi mereka semua persediaan untuk itu. Begitu juga, kita manusia, gigi kita dimaksudkan untuk makan buah-buahan. Ada seorang ilmuwan, Dr. Cooney di Jerman. Ia berkata …Sebenarnya, jika anda memakan buah-buahan dan susu, anda tidak akan pernah merasa sakit apapun. Itu adalah sebuah fakta. Jadi mereka juga makhluk hidup.


Jadi kita harus membedakan. Urusan kita satu-satunya adalah untuk menjadi sadar akan Krishna. Untuk itu di bawah kesadaran Krishna, kita tidak bisa memakan apapun sebelum dipersembahkan kepada Krishna. Krishna berkata :
patram puspam phalam toyam
yo me bhaktyā prayacchati
tad aham bhakty-upahrtam
aśnāmi prayatātmanah

“Kalau seseorang mempersembahkan daun, bunga, buah atau air, dengan cinta bhakti, Aku akan menerimanya.” (Bhagavad Gita 9.26)

Krishna tidak berkata “kau berikan aku daging, telur dan ikan.” Krishna tidak berkata demikian. Ketika anda menerima Krishna sebagai tamu anda. Krishna dengan senang hati telah datang untuk bisa dirawat olehmu. Dia tidak terbatas. Tetapi Dia telah setuju untuk menjadi terbatas oleh tanganmu yang terbatas. Inilah Krishna, dalam bentuk Arca-vigraha. Jika anda ingin merawat Krishna dalam bentuk semesta yang sangat besar. anda tidak memiliki kemampuan untuk itu. Untuk itulah, Krishna telah menjadi begitu kecil, dan Dia memberimu kesempatan untuk melayaniaNya, untuk menghiasNya, memandikanNya, mempersembahkan makanan kepadaNya, mempersembahkan aratika. Krishna telah memberikan kesempatan ini.

Jadi apapun yang Krishna katakan. “Berikan saya jenis makanan seperti ini.” Adalah tugas anda untuk memberikan jenis makanan seperti itu. patram, puspam, phalam…daun, bunga, buah, dan air… Anda tidak bisa mengatakan”Krishna telur dan ikan juga adalah makanan yang bagus.” Tidak, itu tidak bisa anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar