Minggu, 22 Mei 2011

HAL-HAL YANG DAPAT MENGURANGI UMUR MANUSIA


1. Tidak adanya perlindungan terhadap pada Brahmana.
Karena memelihara institusi varna dan asrama merupakan suatu budaya ilmiah untuk mencapai kehidupan spiritual.

2. Tidak adanya perlindungan terhadap sapi-sapi.
Perlindungan terhadap sapi-sapi berarti menjaga bentuk makanan yang paling menakjubkan, yaitu susu, untuk memelihara bagian-bagian otak yang lebih halus guna mengerti tujuan-tujuan hidup yang lebih tinggi.
3. Tidak adanya perlindungan terhadap kaum perempuan
Perlindungan terhadap kaum perempuan berarti memelihara kesucian masyarakat. Dengan demikian, kita mendapatkan generasi penerus yang baik untuk kedamaian, ketenangan dan kemajuan dalam kehidupan.
 4. Tidak adanya perlindungan terhadap anak.
Perlindungan terhadap anak-anak berarti memberikan kesempatan yang terbaik kepada kehidupan manusia untuk membuka jalan pembebasan dari ikatan material. Perlindungan terhadap anak-anak tersebut di mulai sejak orang tua berusaha mendapatkan anak melalui proses penyucian yang disebut garbhadana-samskara, yang merupakan awal kehidupan yang suci.
5. Tidak adanya perlindungan terhadap orang tua.
Perlindungan terhadap orang yang lanjut usia berarti memberi mereka kesempatan menyiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik sesudah meninggal.

     Pada zaman Kali-yuga ini, mereka tidak dilindungi dengan cara yang benar, sehingga usia hidup generasi zaman sekarang telah sangat berkurang.

sumber : Srimad Bhagavatam Skanda 1 bab 8, penjelasan Srila Prabhupada pada Sloka 5, 
Buku Karya Sri Srimad AC Bhaktivedanta Swami Prabhupada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar